| 0 komentar ]

ISTILAH-ISTILAH PENTING DAN APLIKASI PENDUKUNG JOOMLA
Dalam joomla terdapat istilah-istilah asing serta aplikasi-aplikasi yang mendukung kerja joomla. Sekarang kita akan mempelajari tentang istilah-istilah serta aplikasi tersebut.
Istilah-istilah pada joomla
  1. Module,
    adalah bagian unit fungsi dari joomla yang berguna untuk menampilkan beberapa komponen terkait. Secara defautl, joomla telah menyediakan beberapa modul, seperti modul banner,menu login, newfeed, statistic, arsip, sindikasi, polling dan lain sebagainya
  2. Commponent,
    adalah sebuah aplikasi yang menambah nilai guna joomla. Sebuah component mempunyai konfigurasi di bagian jendela administratornya. Misalnya component web link, content form, polling, dsb.
  3. Mambots,
    sebuah unit fungsi joomla yang disisipkan untuk memanipulasi ataupun menterjemahkan konten yang diproses sebelum ditampilkan.
  4. Template,
    sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur tampilan website joomla secara keseluruhan.
  5. Content,
    semua berita/artikel/module/komponen yang terdapat dalam website secara keseluruhan
Aplikasi pendukung joomla:
  1. Aplikasi PHP,
    aplikasi PHP mutlak diperlukan karena joomla sendiri menggunakan bahasa PHP. Aplikasi ini dapat di download dari website resminya yaitu www.php.net
  2. Web Server Apache,
    karena joomla menggunakan bahasa pemrogaman PHP, diperlukan sebuah server untuk mendukung aplikasi tersebut. Aplikasi ini dapat di download di www.apache.org (http://httpd.apache.org/download.cgi)
  3. Database MySQL,
    yang mewrupakan pilihan joomla tempat penyimpanan seluruh content web. MySQL merupakan Relational Database Management System yang berlisensi GNU/GPL dan dapat di download secara gratis di www.mysql.com (http://dev.mysql.com)

0 komentar

Posting Komentar