| 0 komentar ]

MENGENAL ASAL USUL JOOMLA

Setelah kita belajar mengenai Dreamweaver yang fungsi utamanya adalah sebagai pembangun website, sekarang kita juga akan mempelajari tentang joomla. Joonla juga merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun sebuah website. Sebelum kita memulai bagaimana joomla bekerja, terlebih dulu kita mempelajari tentang joomla itu sendiri dan apa yang terkait didalamnya.

Joomla adalah sebuah content management system yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk keperluan pembuatan website. Dengan joomla, kita dapat membuat berbagai website seperti :

  1. Website corporate atau portal
  2. website e-commerce
  3. website untuk perusahan kecil
  4. website untuk organisasi non profit
  5. website untuk pemerintah
  6. website untuk keperluan internet
  7. website untuk sekolah dan perguruan tinggi
  8. website pribadi atau blog
  9. website untuk komunitas dan portal
  10. website untuk majalah, koran, dan tabloid
  11. dan masih banyak lagi

Joomla yang memiliki prinsip, fleksibel, simple, elegant, customizable, and wonderful ini sebenarnya adalah pengembangan dari open source Mambo, atau dahulu sering disebut sebagai Mambo Open Source atau MOS yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Miro. Miro memberikannya kepada komunitas open source (komunitas pengembang) sebuah variant WCMS yang gratis untuk di kembangkan. Setelah menyerahkannya kepada komunitas, MOS berkembang dengan baik. Pada bulan agustus 2005 terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas pengembang MOS denagn MIRO.

Kata Joomla sendiri diambil dari bahasa Suaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di benua Afrika yakni "Jumla" yang artinya "all this together".

0 komentar

Posting Komentar