| 0 komentar ]

MEMBUAT PULAU DENGAN 3D MAX

Masih melanjutkan 3D, sekarang kita akan membuat objek pulau menggunakan 3Dmax. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi 3Dmax
  2. Buatlah object plane pada viewport top dengan panjang dan lebar segmen 4
  3. Klik kanan object tersebut, lalu pilih convert > convert to editable patch
  4. Aktifkan select and move, lalu geser vertex tersebut hingga membentuk seperti gambar berikut
    alt
  5. Buat lagi sebuah object plane dan letakan ditengah object plane sebelumnya
  6. Setelah itu pada modifier list kita pilih displace, lalu kita beri strength = 1 dan decay = 0,05, setelah itu pada image kita beri gambar air agar gambar plane terlihat seperti air
    alt
  7. Masih dalam object air kita beri warna dengan menggunaka material caranya adalah tekan huruf M pada keyboard, lalu pada Maps kita atur Bump Menjadi Noise dan Refraction menjadi reytrace
    alt
  8. Untuk member warna pada pulau kita tekan M lagi pada keyboard, lalu kita pilih get material lalu kita pilih Mtl library, lalu kita klik open, material berada pada C/Program files/Autodesk/3dsMax9/Material librarys/3dmax. setelah itu pilih open, maka akan tampil gambar seperti berikut, lalu kita pilih Ground grass
    alt
  9. Bila sudah kita beri background awan pada viewport dengan cara kita drag gambar lalu masukan ke dalam viewport. Lalu akan tampil teks A Viewport background dan An Environment Map kita centang semua dan kita Ok. Maka background akan berubah.
  10. Setelah itu tinggal kita beri pohon agar terlihat nyata dengan cara. Create / Geometry / AEC Extended / Foliage. Pilih salah satu pohon
    alt
  11. Bila sudah kita tinggal atur letak dan ukuran pohon setelah itu untuk melihat hasilnya kita tinggal tekan F9 pada keyboard
    alt


0 komentar

Posting Komentar