MEMBUAT PULAU DENGAN 3D MAX
Masih melanjutkan 3D, sekarang kita akan membuat objek pulau menggunakan 3Dmax. langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Buka aplikasi 3Dmax
- Buatlah object plane pada viewport top dengan panjang dan lebar segmen 4
- Klik kanan object tersebut, lalu pilih convert > convert to editable patch
- Aktifkan select and move, lalu geser vertex tersebut hingga membentuk seperti gambar berikut
- Buat lagi sebuah object plane dan letakan ditengah object plane sebelumnya
- Setelah itu pada modifier list kita pilih displace, lalu kita beri strength = 1 dan decay = 0,05, setelah itu pada image kita beri gambar air agar gambar plane terlihat seperti air
- Masih dalam object air kita beri warna dengan menggunaka material caranya adalah tekan huruf M pada keyboard, lalu pada Maps kita atur Bump Menjadi Noise dan Refraction menjadi reytrace
- Untuk member warna pada pulau kita tekan M lagi pada keyboard, lalu kita pilih get material lalu kita pilih Mtl library, lalu kita klik open, material berada pada C/Program files/Autodesk/3dsMax9/Material librarys/3dmax. setelah itu pilih open, maka akan tampil gambar seperti berikut, lalu kita pilih Ground grass
- Bila sudah kita beri background awan pada viewport dengan cara kita drag gambar lalu masukan ke dalam viewport. Lalu akan tampil teks A Viewport background dan An Environment Map kita centang semua dan kita Ok. Maka background akan berubah.
- Setelah itu tinggal kita beri pohon agar terlihat nyata dengan cara. Create / Geometry / AEC Extended / Foliage. Pilih salah satu pohon
- Bila sudah kita tinggal atur letak dan ukuran pohon setelah itu untuk melihat hasilnya kita tinggal tekan F9 pada keyboard
0 komentar
Posting Komentar